JILBAB, AHOK DAN TRADISI KITA

Dalam wawancara di KompasTV, Ahok cerita. Ia ketemu ibu-ibu yang menyambutnya saat kampanye Pilgub DKI 2017. Lalu ibu-ibu itu kabur. Lalu balik lagi. Ternyata dia tadi belum pakai jilbab. Ahok pun tersenyum.

Di kampung-kampung kita yang padat Majlis Taklim, hampir di tiap RW, memang adat begitu sering terlihat. Ibu-ibu di rumah (keluar masuk rumah) dan di lingkungan kampungnya gak pakai jilbab. Cukup berdaster saja. Tetapi kalau pergi ke majlis taklim, atau agak jauh, atau ke acara-acara undangan, bahkan ke mall pakai jilbab.

Tentu salah besar kalau kita main hakim sendiri, atau merasa paling panitia sorga, menyebut mereka yang seperti itu tidak Islami. Allah tentu lebih Maha Tahu.

Oleh karena itu waspadalah  dengan tulisan jilbaber yang marak di media sosial yang entah dimulai oleh siapa. Mereka menyebut, jilbab dan AHLAK itu dua hal yang berbeda. Berjilbab itu kewajiban Allah. Sedangkan berakhlak itu kondisi tiap pribadi/seseorang. Oleh karena itu menurut mereka, yang berjilbab bisa berakhlak buruk. Tetapi mendapat pahala pakai jilbabnya. Sedangkan yang berakhlak mulia sudah pasti berjilbab. Maksudnya berkerudung kepala.

Kalimat terakhirnya itu sebenarnya menggelitik. Kalau maksudnya yang berakhlak mulia itu sudah pasti berjilbab, tentu itu berlaku juga bagi para penari, pengantin, dan undangan acara tradisional yang memakai kebaya tetapi tidak berjilbab. Mengapa? Karena meskipun tidak berjilbab, mereka bisa meraih derajat yang mulia dan 'derajat berjilbab' itu. Setidaknya berjilbab hati dan perbuatannya.

Tentu, 'kemuliaan yang pasti berjilbab itu', tidak hanya milik yang memakai kerudung (kurung) di kepalanya saja.

Teringat cerita ibu-ibu yang ketemu Ahok, saya husnuzon saja. Tidak mau seperti ketika ada kelompok-kelompok yang menuding Bung Karno tidak Islami hanya karena anak dan istrinya tidak berjilbab. Bahkan sampai berlarut-larut, garis PDI-P yang berbau Soekarno, termasuk Presiden Jokowi disebut tidak Islami atau setidaknya kurang Islami. Malah kadang disebut 'berbau PKI'.

Apalagi ..... Ahok yang selama kampanye Pilkada marak disebut-sebut non muslim. Alamak! 

Gilang Teguh Pambudi
Cannadrama.blogspot.com 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEU HONCEWANG

TONGKAT WALI

Chairil, Sabung Ayam, dan Generasi Berlagak ABG