SANGGAR GAMBAR ANAK BERWARNA - CANNADRAMA

Sebenarnya sanggar gambar ini sudah saya gagas sejak mulai mengajar di SDN Cimanggah II Kota Sukabumi. Meskipun saat itu belum diberi nama, cukup dengan nama umum, belajar menggambar. Baik di jam kesenian, maupun memanfaatkan waktu-waktu yang ada. Tetapi tentu saja cara melatih gambarnya ya ala Gilang Teguh Pambudi. Setidaknya ada khasnya.

Selanjutnya melatih juga beberapa anak yang ingin belajar menggambar di studio radio Lita FM Bandung, sambil membuka Kursus Intensif Penyiar Radio (KIPER) yang diadakan atas inisiatif radio Lita FM Bandung untuk anak-anak, remaja dan dewasa. Kemudian saya adakan juga di Purwakarta. Bahkan sempat didiselenggarakan di  Jakarta sebagai variasi kegiatan istri yang rutin mengajar TPA dan BIMBEL. 

Tetapi terlepas dari melatih anak-anak melalui latihan di kelas atau di sanggar, saya juga rutin melatih tiga anak saya di rumah, sampai mereka bisa meraih piala dari berbagai lomba. 

Dari catatan itu, bisa dibilang mulai serius melakukan aktifitas melatih gambar di Bandung tahun 1996. Karena sudah berupa pertemuan di luar sekolah. Bermula dari melatih satu-dua anak yang suka menggambar. Sampai disebut sebuah sanggar. Satu paket dengan kegiatan seni lain.

Karena ada yang tahu saya sering dipanggil jadi juri gambar dari Sanggar Gambar Anak Berwarna - Cannadrama, tetapi mereka tidak tahu apa saja yang biasa diberikan oleh Cannadrama, maka kalau saya buat poin-poinnya sebagai berikut:

1. Pelatihan dasar-dasar menggambar dan mewarnai

2. Pelatihan menggambar poster 

3. Pelatihan menggambar atau mewarnai pada berbagai benda seperti dudukuy cetok (topi bambu), kentongan, batu, dll.

4. Menggambar ilustrasi puisi dan karya fiksi 

5. Pelatihan menggambar komik tangan dan karikatur 

6. Pelatihan membuat Teater Komik atau komik foto. Memadukan  antara edit foto dan rekayasa gambar sederhana.

7. Pelatihan membuat dan mewarnai topeng kertas dan wayang kulit 

8. Pelatihan membuat dan mewarnai kaligrafi untuk anak-anak.

9. Penjurian gambar dan mewarnai

10. Menyelenggarakan lomba gambar dan mewarnai, serta pameran lukisan

11. Dekorasi panggung

12. Dll.

Pesertanya mulai dari usia PAUD/TK sampai setingkat SMA. Meskipun yang paling antusias sampai usia SMP. Karena pengalaman menunjukkan, untuk usia SMA saya  lebih banyak melatih atau diminta untuk melatih teater dan seni sastra.

Namun beberapa tahun belakangan ini seiring dengan kesibukan dan menimbang  kesiapan saya untuk menghadapi mereka, anak-anak gambar Indonesia, saya lebih banyak dipanggil untuk menjadi juri gambar, selain juga biasa menyelenggarakan  lomba gambar.

GILANG TEGUH PAMBUDI Cannadrama.blogspot.com


Komentar

  1. Sanggar cannadrama di Purwakarta alamat nya tolong di share

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEU HONCEWANG

TONGKAT WALI

Chairil, Sabung Ayam, dan Generasi Berlagak ABG