SEPEDA PRESIDEN

Kalo anda gak kebagian sepeda langsung dari Presiden Jokowi. Anggap saja sepeda yang ada di rumah anda itu dari Pak Presiden. Atau merasalah  'Sepeda Presiden'. Istilah 'sepeda' nampaknya lebih genit, asyik dan merakyat. Apalagi dia berkata, sepeda yang dia bagikan sebenarnya sepeda biasa-biasa saja, tapi merk 'dari presiden' itu yang banyak disukai orang. Lha iya, presiden kan brand image keindonesiaan.

Saya dan anak saya juga suka bersepeda. Maka di era Jokowi ini saya anggap itu sepeda dari presiden saja. Sambil 'gembelengan' saya naiki ke sana ke mari. Dari taman ke taman, dari toko burung ke toko burung, ke tempat kerja sekali-kali, kegiatan sosial juga. Meskipun dalam hati, sama dengan anda, kalo presiden kasih langsung, saya suka.

Beberapa tahun lalu saya pernah dapat uang tunai jadi juri lomba baca puisi Piala Bupati Purwakarta. Itu satu dari banyak lomba yang melibatkan saya di mana-mana, baik dari instansi pemerintah maupun swasta. Gak seberapa, cuma 500 ribu. Kalo dipake untuk ini itu tentu cepat habislah. Tapi untungnya sebagian ada yang nyiprat ke warung kopi saya. Maka saya bilang ke temen saya, warung ini kecipratan modal dari uang Bupati. Anak-anak saya pun mau tersenyum. Khusus soal pembagian sepeda presiden itu, saya bersyukur telah diwakili oleh yang sudah menerima. Gitu aja.

Di jaman dulu sepeda adalah alat transportasi utama. Tetapi di era sekarang sepeda selain sebagai alat transportasi kedua atau ketiga, adalah alat untuk olahraga dan senang-senang. Pada anak balita bermanfaat untuk menguatkan dan menumbuhkembangkan sisi motoriknya. Buat anak sekolah, masih kendaraan harian yang murah.

Tetapi sebenarnya di kota-kota dan desa-desa kalau jarak rumah kita ke lokasi kerja hanya satu-dua kecamatan, sebenarnya naik sepeda itu menyenangkan. Berangkat dan pulang kerja serasa cuma jalan-jalan saja. Sekali-kali bisa dipake bikin foto eksotik. Angkat sepedanya ke atas bahu di atas bukit tertinggi. Jadilah Sang Penakluk alam bebas! Apalagi di era Presiden Suka Sepeda sekarang ini. Tambah enak gengsinya. Ayo pake sepeda.

Gilang Teguh Pambudi
Cannadrama.blogspot.Com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEU HONCEWANG

TONGKAT WALI

Chairil, Sabung Ayam, dan Generasi Berlagak ABG