SUARA HATIMU MUDA ATAU TUA?

ADA SENSASI INGIN MEMBALIK-BALIK

Siapa bilang pemerkosaan dan kejahatan lainnya diharamkan oleh ulama? Semua itu diharamkan oleh rasa sakit hati korbannya, rasa sakit manusia, rasa sakit parasoleh, rasa sakit Allah-nya. Siapa yang mengharamkan siapa-siapa yang meninggalkan sholat? Tentu, keberadaban manusia sebagai hamba Allah, dan eksistensi Allah sebagai Yang Maha Mulia.

Setiap kali aku bicara hal yang bersifat pengajian budaya atau relijiusitas, aku seperti dianggap tua, ditinggal yang mengaku berjiwa muda. Sampai ingin kubilang, "Mana karya rasa mudamu yang menyelamatkan, ketika kenakalan, kejahatan, dan kesemrawutan menjadi ekspresi tak terkendali. Lalu mati kalahmu sembunyi sebagai diri sendiri. Masabodoh. Bukan menjadi  keselamatan masyarakat manusia, atau keselamatan bangsa?"

Ketika progresifitas jiwa mudaku membongkar semua ruang ekspresi halal. Menarik. Mencerahkan. Menggerakkan. Kalian malah meninggalkanku dengan sibuk sok tua. Menyembunyikan rahasia kelakuan yang menyengsarakan diri sendiri dan masyarakat, atas nama kearifan-kearifan. Seperti sekadar jualan umur tua. Atau ingin dianggap tua. Padahal tidak tahu apa-apa. Tidak berguna apa-apa.

------
BEGUNDAL

mencuri halal
kau sebut nakal

#PuisiPendekIndonesia

Gilang Teguh Pambudi
Cannadrama.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEU HONCEWANG

TONGKAT WALI

Chairil, Sabung Ayam, dan Generasi Berlagak ABG