TOBAT MC

ANDA MENDUKUNG JADI YANG MANA?

Misalnya anda pernah jadi MC panggung hiburan.

Pertama, ... lalu anda tobat. Gara-gara selama jadi mc anda berfikiran tidak syar'i, "Aku tahu ini dosa, sepanggung dengan artis seksi, tapi pada saatnya aku harus tobat". Lalu setelah tobat anda mundur dari dunia mc. Kalaupun jadi mc, anda pilih acara dengan busana syar'i.

Kedua, ... lalu anda tobat. Gara-gara selama jadi mc anda berfikiran tidak syar'i, "Aku tahu ini dosa, sepanggung dengan artis seksi, tapi pada saatnya aku harus tobat". Lalu setelah beberapa lama tobat anda kembali jadi mc dangdut dengan niat yang berbeda walaupun pertunjukannya tetap sama, "Apa yang kulakukan adalah niat baik. Soal penyanyi seksi itu relatif. Ini bagian dari budaya masyarakat. Tidak mengganggu ibadah kami. Aku sadar benar, aku tidak melakukan dosa. Merasa berdosa adalah perasaanku dulu. Aku sudah tobat dan meluruskannya".

Ketiga, ... lalu anda tobat. Gara-gara selama jadi mc anda berfikiran tidak syar'i, "Aku tahu ini dosa, sepanggung dengan artis seksi, aku harus tobat". Tapi setelah tobat anda memilih tidak jadi mc lagi, meskipun anda juga berpendapat, kalau jadi mc untuk pertunjukan yang serupa, kali ini anda merasa halal. Karena dulu belum mengerti, sedangkan sekarang sudah mengerti. Sudah ngaji. Memahami. Bisa menafsir ke arah khas tradisi budaya suatu bangsa. Tapi risih sama teori masyarakat. Takut disindir-sindir, katanya Islami tapi dangdutan, seksi-seksian.

Keempat, ..... anda tidak perlu bertobat karena niatnya sudah niat baik. Lurus. Kalimat tobatnya sudah diucapkan sejak sebelum jadi mc dulu, "Ya Allah sukseskan acara-acaraku, jauhkan dari dosa". Istigfar setiap saat, karena takut ada dosa-dosa Kecil yang tidak disengaja. Menyusup. Menambah runyam kristal-kristal fitnah. Soal artis seksi itu hanya masalah eksotisitas (daya tarik) panggung dan selera. Relatifitas artis seksi ada pada tafsir kitab tentang keindahan, meskipun ada beda sikap di kalangan beberapa penafsir.

Nah, mana yang sebenarnya tobat?

Apakah anda merasa cerdas sekarang?

Gilang Teguh Pambudi
Cannadrama.blogspot.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEU HONCEWANG

TONGKAT WALI

Chairil, Sabung Ayam, dan Generasi Berlagak ABG