SEPAKBOLA TANDANG RASA KANDANG

Istilah  tandang rasa kandang adalah istilah yang biasa dalam dunia sepakbola kita. Yaitu ketika tim yang main di tempat lawan masih merasakan seperti di tempat sendiri. Biasanya berupa derbi sekota atau satu propinsi. Seperti yang terjadi di Stasiun Pakansari Bogor, 22042017. Mempertemukan kesebelasan sepakbola Persib maung Bandung vs PS TNI. Otomatis Persib harus menikmati aura pertandingan tandang rasa kandang itu. Sebab kedua tim sama-sama asal Jawa Barat. Akibatnya Bobotoh Persib pun tumpah laksana di stadiun Bandung.

Pada pertandingan ini skor berakhir 2-2. Meskipun sebenarnya Persib lebih dulu unggul 2-0.

Hampir semua propinsi yang memiliki lebih dari satu kesebelasan sepakbola pasti mengalami, pertandingan tandang rasa kandang itu. Atau setidaknya satu pulau. Soalnya ongkos transportasi dan rutenya murah dan lebih dekat.

Ternyata besar manfaatnya. Selain semua tim satu propinsi atau sekota sama-sama sedang berjibaku melahirkan generasi penerus sepakbola Indonesia, embrio Tim Nasional, mereka juga sedang membiasakan silaturahmi yang baik antar suporter. Demi semangat kekeluargaan satu propinsi. Tidak ada fanatisme sempit. Tidak ada anarkisme.

Kebiasaan baik itu semoga membekas kuat sebagai prinsip dasar. Buah dari semangat tandang rasa kandang itu. Ketika suporter sangat mudah tumpah. Biasa semarak di sini, biasa semarak di sana. Jangan karena suporter membludak maka halal berprilaku apa saja, baik di kandang maupun di stadiun lawan. Ini kelak akan terbawa sebagai tabeat (karakter) baik ketika mempertemukan dua tim dari propinsi yang berbeda.

Sukses sepakbola Indonesia! Sepakbola Nusantara!


#GNPSIndonesia

#PSSI

#LigaIndonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEU HONCEWANG

TONGKAT WALI

Chairil, Sabung Ayam, dan Generasi Berlagak ABG