AHOK BEBAS (NUNGGUIN JUGA?)

TARIAN MENIDURKAN ANAK

ini jam menidurkan anak laki-laki
yang sedang sakit
seperti kepada semua anak manusia
serengkuh dalam pelukan
erat dan mesra dibelai punggungnya
lalu kita melayang
masuk dalam alunan lagu:
"kulihat ibu pertiwi
sedang bersusah hati
air matanya berlinang
mas intannya terkenang" *)
kita maju tujuh jurus
berharap sepoi angin dan lesatannya
tidak mengganggu
kalau merengek juga ia
kita timpuk muka syetan, "Plak!"
"Plak! Plak! Plak!"
kaki berderap kerap di tanah
seribu kuda-kuda langit
menyedot panas bumi
lalu kita berayun mundur
menimba teduh pasir
berharap nyiur bernyanyi juga:
"hutan gunung sawah lautan
simpanan kekayaan
kini ibu sedang lara
merintih dan berdoa" **)

Kemayoran, Kamis, 20 12 2018
*) **) Lagu Ibu Pertiwi ciptaan Ismail Marzuki
Dari antologi TAGAR (Tarian Gapura) 
------

Nyatanya, ada juga yang nungguin, saya bakal nulis apa sehubungan dengan kebebasan Ahok. Basuki Tjahaya Purnama (BTP). Maklum, bukan cuma beralasan saya pendukung dia dalam Pilgub DKI yang lalu. Tetapi saya juga banyak nulis kepemimpinan Ahok dalam pembangunan ibu kota di media sosial facebook dan di blog. Terutama ketika dia dipojokkan sebagai non-muslim dalam suatu sistem pemerintahan propinsi yamg sudah konstitusional. Bukan dalam kapasitas pribadi. Meskipun secara pribadi, dia pun dalam perlindungan hukum yang sama, yang adil. Selain itui di pesta buku Jakarta saya kan pernah nulis artikel tema Jakarta berjudul AHOK, yang merupakan kependekan dari, Aku Hapuskan Orang-Orang Korupsi.

Oke. Saya cuma mau ingatkan dalam bahasa romantis. Beberapa saat lalu saya pernah nulis puisi untuk buku antologi puisi saya, Jakarta Dalam Karung (JALAK). Ini puisinya. Tenang, insa Allah ini puisi pendek Indonesia yang enak jadi teman minum kopi atau teh hanggat.

PULANG NONTON 

semalam pulang nonton film Ahok
sepanjang jalan Suprapto
motor yang menggigil memecah angin

di langit bulan setengah terang
aku belok kanan mampir makan
berharap bulan lebih terang
dan nanti tidur lebih tenang

sampai di rumah kubuka internet
menemui kebahagiaan yang mengecewakan
Tim Merah Putih main kandang 0-0
sungguh satu malam dengan dua cerita
ditengahi bulan yang kuharap terang

Kemayoran, 26112018
------

Gilang Teguh Pambudi
Cannadrama.blogspot.com
Cannadrama@gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEU HONCEWANG

TONGKAT WALI

Chairil, Sabung Ayam, dan Generasi Berlagak ABG