BANGGA 6 TAHUN PAWONMAS

Turut bangga, 6 tahun Pawonmas. Menurut #nalikan, 5 dan 6 artinya penengah. Artinya rukun. Menjalin kesatuan dan persatuan. Persaudaraan dan kekeluargaan. Gotongroyong dalam berbagai sendi kehidupan. 

Saya mersakan aura besar ketika bersama Pawonmas, meskipun kontribusi saya kecil saja, tidak seberapa, hanya sebatas penyampai beberapa gagasan, yang mesti direalisasikan/ dieksekusi oleh tim kreatif.

Gagasan itu misalnya, agar Pawonmas punya website mandiri, menembuskan informasi kegiatannya melalui radio, koran dan TV, serta memanfaatkan media sosial seoptimal mungkin. Baik facebook, twitter, instagram, blog, dll. Tentu prakteknya mudah saja. Karena yang sulit adalah konsistensi dan kontinuitas penanganannya. Termasuk dalam hal membuat pamflet, slide, dan video-video promo. Demikian waktu saya berada dalam Departemen Informasi.

Sementara berkaitan dengan hubungan antar lembaga. Saya pernah sampaikan, ada hubungan kelembagaan secara internal dan eksternal. Hubungan internal terbagi dua. Yaitu kesadaran anggota 'forum kekeluargaan ini' untuk lebih mengedepankan silaturahmi kekeluargaan dan sensitivitas sosial, daripada terlalu berharap berbanyak-banyak kegiatan. Prinsip ini harus tersosialisasikan melalui struktur kelembagaan yang ada. Kedua, hubungan antar departemen di pusat, dan hubungan DPP dengan seluruh cabang mesti strategis, harmonis, dan romantis.

Kondisi terdelegasikan dan eksekusi kebijakan harus berlangsung optimal dan sangat bermanfaat, baik bagi anggota (para aktivis) maupun masyarakat. Sementara terkait dengan hubungan eksternal, tentu Pawonmas mesti harmonis dengan berbagai organisasi kepemudaan, organisasi profesi, organisasi hobi, organisasi masyarakat, komunitas seni, lembaga-lembaga pemerintah, dan organisasi sosial-keagamaan. Bahkan sinergis-harmonis dengan organisasi sejenis, yang sama-sama mengangkat citra Wonogiri.

Sementara, ketika saya berada di Departemen Sosial Keagamaan, saran penekanannya adalah, menjalani hari-hari besar agama dengan khidmad dan rukun, apapun acaranya, baik dengan mengadakan acara spesial maupun tidak. Selain itu pada momen-momen itu Pawonmas selalu mengetuk hati masyarakat untuk meningkatkan kepedulian sosialnya. Baik kepada fakir-miskin dan kaum du'afa, yatim-piatu, kaum jompo, kepedulian pendidikan, kesehatan, lingkungan, dll.

Pawonmas adalah organisasi sosial yang terinspirasi oleh masyarakat Wonogiri dan keluarga besarnya, tetapi secara sosial adalah jaringan dan silaturahmi masyarakat nasional. Se-Indonesia.

Pendeknya, saya ingin mengucapkan, Selamat, sukses, dan sejahtera selalu, PAWONMAS KITA. Allah merahmati.

Kemayoran, ,10112019
Gilang Teguh Pambudi
Cannadrama.blogspot.com
Cannadrama@gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEU HONCEWANG

TONGKAT WALI

Chairil, Sabung Ayam, dan Generasi Berlagak ABG