MACAN AMAN KEMAYORAN vs SINGO NYAMAN EDAN

SATU INDONESIA

satu bola
satu nusa
satu bangsa
satu bahasa

Kemayoran,  31 03 2018 
#puisipendekindonesia 
------

Marko Simic tentu belum bisa dibaca peta prestasinya di Liga 1 Indonesia 2018 yang baru dimulai. Tetapi dalam posisi Persija menjadi tuan rumah, dia menjadi salahsatu harapan dari dua harapan Jack Mania.  Pertama, harapan Persija menang di laga kandang pertama.  Dan kedua,  harapan agar Marco Simic jadi pencetak gol pertama.  Sebab di kompetisi pra-musim 2018, Simic sempat jadi top score bagi Persija ketika Persija jadi juara Piala Presiden.

Dan sempurna!  Di depan puluhan ribu penonton di Gelora Bung Karno Jakarta di babak pertama Simic terbukti berhasil memecahkan harapan Jack Mania,  sebuah gol cantik berhasil dua lesakkan ke gawang Arema FC yang dikawal penjaga gawang Kartika Aji.

Tapi sayang,  tak lama berselang, gol itu dibayar tuntas oleh Ahmed Altayef,  sehingga kedudukan menjadi imbang 1-1. Ini memang benar-benar big match yang luarbiasa.  Tidak cuma ditunggu-tunggu oleh suporter Macan Kemayoran dan suporter Singo Edan,  tetapi juga ditunggu-tunggu oleh para pencinta sepakbola tanah air.  Maklum kedua tim ini adalah tim papan atas dengan sederet nama pemain terbaik,  termasuk pemain-pemain tim nasional.

Pertandingan terbuka nampak sangat eksplosif sejak menit awal. Nampak jelas menjadi pertaruhan harga diri,  karena keduanya merasa tim besar. Apalagi ketika kedudukan masih imbang 1-1  di babak pertama.  Arema yang sempat tertinggal lebih dulu,  seperti menemukan permainan terbaiknya kembali setelah kedudukan menjadi imbang 1-1.

Hingga menit 45+2 kedudukan 1-1 pun terpaksa dibawa kedua tim turun minum.

Pertandingan menjadi lebih gila lagi karena keduanya membawa beban dari pertandingan sebelumnya.  Pada saat pembukaan Liga 1, Persija yang berposisi sebagai tim tamu bagi juara tahun lalu,  Bhayangkara Fc,  hanya sanggup main imbang,  0-0. Meskipun laga pembukaan itu dilangsungkan oleh panitia di Gelora Bung Karno Senayan Jakarta.  Sementara pada laga sebelumnya,  Arema FC juga ditahan imbang 2-2 oleh Mitra Kukar. Artinya,  kemenangan di laga Malam Minggu,  31 03 2018 kali ini diharapkan oleh kedua tim sebagai kemenangan pertama sepanjang musim tahun ini.

Suporter kedua kubu,  Jack Mania dan Aremania yang saling gemuruh sejak awal pertandingan nampak aman nyaman selama jalannya babak pertama.  Bahkan aroma keluarga semakin terasa.  Karena banyak penonton wanita diantara para penonton pria.  Bahkan ada yang mengajak anak-anaknya nonton bola. Ini tentu suasana yang makin meneduhkan barisan penonton bola kita belakangan ini. Patut disyukuri dan dipertahanlan.

Saya tertarik pada ungkapan komentator bola TV Indosiar yang menyebut,  penonton bisa lebih tertib karena ada jaminan satu tiket satu tempat duduk.  Sampai-dampai saya menyamakan,  tak ubahnya nonton bioskop. Memamg ini kabar baik dari Senayan. Patut dicermati oleh para pemilik klub bola di seluruh tanah air.  Agar ke depan,  suasana nyaman para penonton,  keluarga Indonesia itu, tidak cuma milik Jakarta.

Dan gila!  Buum!  Tidak cuma menjadi pencetak gol pertama bagi Persija Jakarta,  akhirnya di menit ke 51 babak kedua Marko Simic berhasil mencetak gol kedua melalui sundulan terbangnya sambil menjatuhkan diri. 2-1.

Dan lagi.  Buum!  Kembali di menit 82 Persija melalui Jaimarson da Silva kembali mampu melesakkan gol ke tiga.  3-1. Meskipun Arema sudah berusaha main baik dan maksimal, bahkan punya banyak peluang  gol. Kenyataan ini menunjukkan bahwa strategi Persija lebih efektif daripada eksplisifitas yang dimiliki Arema Malang.

Hingga akhirnya,  Persija Jakarta sanggup mengakhiri laga ini dengan poin penuh dan tiga gol.  Tabungan untuk musim 2018 yang penting. Sementara itu, meskipun kalah,  Thiago Furtuoso dkk sesungguhnya bisa dibilang main bagus.  Tetapi sayang,  tak bia mengefektifkan semua peluang yang dimilikinya.  Itulah big mach. Itulah bola.  Bola malam minggu pula.

Ke depan tim-tim sekelas Persija dan Arema pasti akan banyak menjanjikan keseruan-keseruan yang ditunggu-tunggu.  Kita doakan semoga penuh sportifitas,  fair play,  dan selalu tercipta suasana aman nyaman di stadiun dan di luar stadiun.  Berkah untuk kita semua.

Gilang Teguh Pambudi 
Cannadrama.blogspot.com 
Cannadrama@gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEU HONCEWANG

TONGKAT WALI

Chairil, Sabung Ayam, dan Generasi Berlagak ABG