TITIMANGSA 00000000

OTAK PILIHAN

karena masih saja
kau cibiri
aku menulis puisi
pakai kertas
atau daun apa?

Kemayoran, 042017
#puisipendekindonesia 
-----

Saya termasuk penyair yang secara sadar sejak semula menggunakan titimangsa 00000000. Bermula dari kebiasaan mengisi kolom formulir resmi. Oleh karena itu model titimangsa ini biasa saya sebut,  model titimangsa kolom,  titimangsa formulir,  atau titimangsa delapan.

Tentu saja delapan kolom yang berderet rapat tanpa jeda strip itu menunjukkan argumentasi ketepatan.  Pertama, ketepatan tanggal yang tidak akan pernah lebih dari dua angka. Oleh karena itu biasa ditulis mulai dari 01 hingga 31. Maksudnya tanggal tertinggi hanya 31, mustahil lebih dari itu, sesuai kalender Masehi. Atau angka tertinggi 30 menurut  kalender Hijriah.

Kedua,  ketepatan jumlah angka bulan yang tidak akan lebih dari dua angka juga. Mulai dari Januari yang ditulis,  01, hingga Desember yang ditulis,  12. Dan ketiga,  ketepatan jumlah angka tahun.

Khusus mengenai ketepatan jumlah angka tahun,  saat ini memang berjumlah empat angka,  sejak tahun 1000. Misalnya,  tahun 1700, 1800, 1998, 2000, hingga 2018. Padahal kelak akan berubah mulai tahun, 10.000. Oleh karena itu saat ini kita sedang berada dalam titimangsa delapan.

Tetapi setidaknya,  argumentasi ini bisa mematahkan anggapan sementara pihak yang mengatakan,  bahwa penulisan titimangsa model ini Keliru.  Padahal tidak sekedar melepas kolom, sebab kalau cuma melepas kolom bisa memiliki kekeliruan. Tetapi titimangsa ini memiliki kelengkapan unsur jumlah angka tanggal,  jumlah angka bulan dan jumlah angka tahun yang lengkap.

Selain itu,  di depannya biasa didahului dengan nama tempat.  Misalnya,  Sukabumi,  02022018. Ini menunjukkan,  suatu tulisan dibuat di Sukabumi pada tanggal dua,  bulan Februari tahun 2018.

Maka kita hari ini adalah para penyair dan penulis titimangsa delapan. Meskipun kita kadang-kadang menulis titimangsa ini dengan 6 angka,  seperti yang saya tulis pada puisi di awal tulisan ini, 042017.  Maksudnya bulan April tahun 2017.

Tulisan ini saya buat mengingat kalau kita cari tahu di internet,  banyak yang menjelaskan bahwa titimangsa yang benar adalah sebagaimana contoh ini: Kudus,  14 Januari 1998.

Gilang Teguh Pambudi 
Cannadrama.blogspot.com 
Cannadrama@gmail.com 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEU HONCEWANG

TONGKAT WALI

Chairil, Sabung Ayam, dan Generasi Berlagak ABG